Selasa, 03 April 2012

Ketika Nabi SAW ‘kurang’ Rakaat Shalatnya

Suatu ketika, dalam shalat maghrib atau shalat isya’, Nabi SAW telah duduk tasyahud akhir dan kemudian salam, padahal saat itu masih kurang satu rakaat. Biasanya beliau akan duduk menghadap jamaah setelah selesai salam, tetapi kali ini bersikap lain. Beliau berdiri bertelekan kayu yang melintang di bagian depan masjid, jari-jari tangan terjalin, kemudian beliau meletakkan pipi kanan beliau di atas punggung tangan kiri beliau.
Para sahabat tampak kebingungan dengan rakaat yang kurang satu itu, tetapi mereka tidak berani bertanya, apalagi melihat sikap beliau yang tidak biasanya itu. Termasuk Umar dan Abu Bakar yang biasanya kritis, ternyata mereka hanya diam saja. Mereka hanya berbisik-bisik di antara mereka, “Mengapa shalat diperpendek?”
Dalam keadaan ‘deadlock’ seperti itu, seorang sahabat Anshar yang kedua tangannya tampak panjang daripada umumnya sehingga biasa dipanggil ‘Dzul Yadain’, memberanikan diri menghadap Rasulullah SAW dan berkata, “Wahai Rasulullah, apakah engkau lupa ataukah shalat memang diqashar?”
Nabi SAW mengangkat wajah dan memandang Dzul Yadaian, kemudian bersabda, “Saya tidak lupa, dan tidak pula shalat diqashar!!”
Nabi SAW berpaling kepada para sahabat lainnya dan bersabda, “Benarkah apa yang dikatakan oleh Dzul Yadain??”
“Benar, ya Rasulullah,“ Kata para sahabat serentak.
Maka beliau memerintahkan memanggil kembali beberapa orang yang telah terlanjur keluar masjid, kemudian beliau menyempurnakan (menambah) satu rakaat lagi. Setelah salam, beliau bersujud lagi seperti sujudnya shalat atau lebih lama, kemudian beliau bangkit dari sujud sambil bertakbir, sesudah itu beliau bertakbir dan bersujud lagi seperti sujudnya shalat atau lebih lama. Kemudian beliau bangkit lagi dengan bertakbir dan mengucap salam seperti salamnya waktu menutup shalat. Sujud ini dalam ilmu fiqih disebut sebagai sujud Sahwi.
Sebagian ulama berpendapat, sujud sahwi ini dilakukan setelah selesai membaca tahiyyat, tetapi sebelum mengucap salam, sehingga hanya satu kali salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar