Selasa, 07 Oktober 2014

Beriman karena ayat-ayat Taurat

Suatu ketika Nabi SAW dan beberapa orang sahabat berjalan-jalan di sekitar Madinah hingga tiba di pemukiman kaum Yahudi. Ketika tiba di sebuah kuil (tempat ibadah), beliau berhenti dan diam-diam mendengarkan mereka yang sedang membaca kitab Taurat. Setelah beberapa saat lamanya, tiba-tiba mereka berhenti membaca, maka beliau berkata, “Apa sebabnya mereka berhenti membaca??”
Tidak jauh dari tempat beliau, ada seorang Yahudi yang terbaring sakit, ia berkata, “Mereka berhenti membaca karena sampai pada ayat yang menerangkan sifat-sifat seorang nabi!!”
Kemudian lelaki Yahudi itu merangkak, karena ia memang tidak mampu berdiri karena sakitnya itu, untuk mengambil kitab Taurat, dan meneruskan bacaan yang tadi dihentikan oleh orang-orang Yahudi di dalam kuil (tempat ibadahnya). Setelah selesai membaca ayat-ayat itu, ia berkata, “Ini adalah sifat-sifat engkau dan sifat umatmu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan engkau, Muhammad adalah utusan Allah!!”
Tidak lama kemudian lelaki Yahudi yang sedang sakit itu meninggal, maka Nabi SAW bersabda, “Kafanilah saudaramu ini!!”
Dalam riwayat lainnya yang hampir sama, ketika berjalan-jalan Nabi SAW dan beberapa sahabat bertemu dengan seorang pemuda Yahudi tampan yang sedang sekarat, sedang ayahnya membacakan ayat-ayat Taurat untuk menuntun (mentalqin)nya. Nabi SAW bersabda, “Aku bersumpah dengan Dzat yang menurunkan Taurat, apakah engkau dapatkan sifat dan kerasulanku dalam Taurat itu?”
Sang ayah berkata, “Tidak ada!!”
Tetapi sang anak, yakni pemuda Yahudi tampan yang sedang sekarat itu berkata, “Demi Dzat yang menurunkan Taurat, sesungguhnya kami temukan dalam kitab kami (Taurat), sifat dan kerasulan engkau….!!”
Sang ayah tersentak kaget, tetapi pemuda itu tidak memperdulikannya lagi, dan ia langsung mengucap dua kalimat syahadat, tak lama kemudian ia meninggal. Nabi SAW memerintahkan para sahabat untuk mengangkat pemuda tersebut untuk mengurus jenazahnya. Beliau sendiri turun tangan untuk mengkafani, menyalatkan dan menguburkan jenazah pemuda Yahudi tersebut.

Note : jka6667

Tidak ada komentar:

Posting Komentar