Kamis, 14 Mei 2015

Salah Satu Fitnah Akhir Zaman

            Suatu ketika Rasulullah SAW bersabda, “Akan datang suatu masa, dimana bagi orang yang beragama (yakni, memegang dan menjalankan agamanya dengan teguh), tidak akan selamat agamanya kecuali bagi orang yang lari dengan membawa agamanya dari suatu kampung ke kampung lainnya, dari suatu dataran tinggi ke dataran tinggi lainnya, dari suatu batu ke batu lainnya, layaknya seperti musang yang menipu (yakni, selalu bergerak untuk bersembunyi)…”
            Dalam kesempatan lainnya, Nabi SAW juga pernah menjelaskan bahwa di akhir zaman itu, orang yang memegang teguh agamanya, seperti orang yang memegang bara api. Jika tetap dipegangnya, api itu akan membakar tangannya, tetapi jika diletakkan maka api itu akan padam.
            Mendengar hal itu, salah seorang sahabat berkata, “Wahai Nabiyallah, kapan yang seperti itu akan terjadi?”
            Beliau SAW bersabda, “Apabila mata pencaharian tidak dapat diperoleh kecuali dengan jalan/perbuatan maksiat kepada Allah. Apabila masa itu telah tiba, maka sikap membujang (tidak menikah) diperbolehkan!!”
            Salah seorang sahabat berkata, “Bagaimana terjadi demikian, bukankah engkau telah memerintahkan kami untuk menikah, ya Rasulullah!!”
            Nabi SAW bersabda, “Apabila masa itu telah tiba, maka kebinasaan seseorang (bisa terjadi) pada tangan kedua orang tuanya. Kalau ia tidak (lagi) memiliki kedua orang tuanya, maka kebinasaannya (bisa terjadi) pada kedua tangan istrinya. Jika ia tidak mempunyai istri, maka kebinasaannya (bisa terjadi) pada kedua tangan para kerabatnya!!”
            Seorang sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana bisa terjadi demikian?”
            Beliau SAW bersabda, “Mereka itu (yakni orang tua, istri, kerabat, atau mungkin orang terdekat lainnya) menghinanya dengan sempit tangan (yakni, sedikit pemberian, atau kikir), lalu ia terpaksa melakukan pekerjaan yang ia tidak mampu melakukannya, kecuali pada jalan yang membawanya kepada kebinasaan (yakni jalan bermaksiat kepada Allah).”    

Note : iu4-143

Tidak ada komentar:

Posting Komentar